Hidupkan Gairah Bercinta Usai Melahirkan

Kebahagiaan memperoleh buah hati jangan menjadi momok bagi kehidupan seksual Anda.

Banyak pasangan khawatir gairah bercinta menguap setelah sang istri melahirkan. Padahal, memulai kembali kemesraan di tempat tidur usai melahirkan tidak semenakutkan yang dibayangkan.

Untuk memulai kembali bercinta, setidaknya perlu 4-6 minggu setelah melahirkan. Menurut Ann Douglas, penulis buku seri tentang kehamilan dan parenting, The Mother of All Solutions, memang harus ada saling pengertian dari kedua pihak sebelum memulai kembali kehidupan seksual.

Ingin kehidupan seksual kembali menggairahkan seperti saat bulan madu? Coba tips berikut ini.

Pentingnya komunikasi dan kesabaran

Usai melahirkan, wanita masih mengalami trauma baik fisik maupun psikis. Suami harus bisa membuat istri merasa sangat nyaman sehingga melupakan rasa sakitnya. Terkadang, Anda masih enggan memulai hubungan seks. Jadi mintalah pengertian suami untuk bersabar. Dalam hal ini, suami harus mampu membuat pasangannya merasa nyaman.

Mulai secara bertahap

Walaupun hasrat suami sudah mulai timbul, kondisi Anda belum pulih benar. Untuk mengatasinya, mulailah bercinta secara perlahan, sehingga nyaman bagi Anda. Jika setelah mencoba ternyata Anda belum juga siap, tak perlu dipaksakan. Mulailah lain kali saat kondisi fisik dan psikis lebih baik.

Jangan terlalu menggebu

Kembali memulai aktivitas bercinta usai melahirkan tidak bisa disamakan dengan sebelum hamil dan melahirkan. Meskipun sudah mulai bisa bercinta kembali tanpa rasa sakit, jangan paksakan diri melakukannya terlalu sering dan bernafsu.

Untuk kembali ke rutinitas normal seperti sebelumnya, perlu waktu. Buatlah jadwal untuk bermesraan. Di awal, tak perlu terlalu sering. Kemudian secara bertahap, tingkatkan ritmenya.

Coba posisi yang nyaman

Untuk meminimalkan rasa sakit, sebaiknya Anda dan pasangan mencoba berbagai posisi yang nyaman. Tak perlu memaksakan diri melakukan posisi favorit Anda selama ini kalau malah menimbulkan rasa sakit dan membuyarkan keinginan bercinta. Siapa tahu posisi bercinta baru bisa menibulkan gairah lebih besar.

Kembalikan kemampuan organ intim Anda

Jika Anda melahirkan secara normal, perlu waktu bagi otot vagina Anda untuk kembali normal dan kencang. Jadi, jangan berharap kemampuan seksual Anda langsung kembali dengan cepat. Lakukan latihan kegel untuk mengembalikan kekuatan otot vagina Anda. Anda juga bisa melakukan berbagai perawatan medis atau tradisional agar organ intim Anda kembali seperti sedia kala.


 
%d bloggers like this: